Banyaknya Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

    Home/Kesehatan / Banyaknya Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh
Banyaknya Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Banyaknya Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Posted in Kesehatan inno 0

Manfaat jagung bagi kesehatan

 

Manfaat jagung bagi kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda duga
Oleh Ajeng Quamila Informasi kesehatan ini ditinjau dan diedit oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum

Klik di sini untuk berbagi di Facebook (Buka di jendela baru) Klik untuk berbagi di Twitter (Buka di jendela baru) Klik untuk berbagi di Tumblr (Buka di jendela baru) Klik di sini untuk Bagikan di LinkedIn (Buka di jendela baru) Klik di sini untuk berbagi secara online Baru (Terbuka di jendela baru)

Manfaat Jagung

4 Manfaat jagung untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda duga

Banyak dari mereka mengkonsumsinya sebagai camilan renyah saat menonton film. Tidak sedikit seperti versi “tradisional”, yang dibakar dengan arang dengan sedikit mentega atau dijual hangat dengan kacang rebus di pinggir jalan. Ya, jagung adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia. Sayangnya, sering diasumsikan bahwa tanaman yang satu ini tidak memiliki diet yang baik untuk tubuh, juga dipenuhi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Padahal, ada banyak hal mengejutkan tentang manfaat jagung bagi kesehatan Anda.
Nutrisi dibulatkan dalam jagung

jagung mentah

Kuning manis pedas dengan nama Latin Zea mays sebenarnya diklasifikasikan sebagai buah, karena dibuat oleh pemupukan.

100 gram jagung menghasilkan 69,1 gram karbohidrat, 9,8 gram protein, 7,3 gram lemak, dan 2,2 gram serat. Buah ini juga diberkahi dengan berbagai vitamin dan mineral, seperti 30 mg kalsium, 538 mg fosfor, 2,3 mg zat besi, 79,3 mg kalium, hingga 3 mg vitamin C.
Apa manfaat jagung bagi kesehatan?

Sumber: Pillsbury

Berikut ini empat manfaat jagung yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.
1. Gula tinggi, tetapi aman untuk gula darah

Makanan pokok jagung adalah karbohidrat, yang mencakup hampir 6-7% dari kebutuhan sehari-hari. Berbeda dengan karbohidrat olahan dalam roti atau nasi putih, yang dengan cepat menghabiskan energi, karbohidrat dalam buah-buahan ini menyediakan pasokan energi yang stabil dan tahan lama.

Ini karena karbohidrat yang terkandung dalam jagung adalah karbohidrat kompleks. Selain itu, buah ini juga mengandung serat dan protein. Kombinasi ketiga nutrisi ini secara perlahan dicerna oleh tubuh dan juga berguna untuk mengendalikan kadar gula darah karena serat memperlambat kecepatan tubuh, memecah karbohidrat (glukosa) yang dilepaskan ke dalam aliran darah.

Meskipun kadar gula dalam buah ini tinggi (2 gram per 100 gram), buah ini bukan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Itulah sebabnya, ketika Anda memakan buah ini secara keseluruhan, kadar gula darah Anda tidak naik secara dramatis.

Sebaliknya, telah terbukti bahwa mengkonsumsi buah-buahan ini dalam jumlah yang memadai dikaitkan dengan kontrol glikemik yang lebih baik pada penderita diabetes.
2. Menjaga kesehatan mata

Kuning manis dan gurih ini diperkaya dengan vitamin C (8% dari kebutuhan harian Anda), magnesium dan vitamin B. Vitamin C mendukung perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-penuaan, sementara vitamin B memainkan peran penting dalam memproses energi.

Selain itu, magnesium penting untuk mendukung kinerja sistem saraf dan kontraksi otot-otot tubuh. Menariknya, meskipun jagung mungkin terdengar mengejutkan, jagung adalah sumber nutrisi yang kaya antioksidan dibandingkan dengan banyak biji-bijian lain seperti lutein, zeaxanthin, asam ferulic, dan beta-karoten.

Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) dikenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan memainkan peran penting dalam kesehatan mata. Tingginya kadar dua karotenoid ini dalam darah sangat terkait dengan penurunan risiko degenerasi makula dan katarak.

Sumber: Pohon cemara sedang makan
3. Lindungi dari penyakit jantung

Makanan ini juga mengandung senyawa phytochemical fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Sebagian besar studi yang berfokus pada efek mengambil antioksidan pada penyakit dan mengurangi risiko belum secara khusus mempelajari manfaat jagung dan kandungan antioksidannya.

Namun, dalam beberapa penelitian kecil, buah ini disebut-sebut sebagai makanan penting untuk perlindungan sekaligus menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Beberapa mekanisme untuk mengurangi risiko penyakit jantung mungkin terkait dengan sifat-sifat lain fitonutrien jagung yang melampaui sifat antioksidannya.
4. Pengurangan risiko kanker kolorektal

Bagi Anda yang penggemar berat jagung, Anda pasti akan memahami perasaan perut penuh yang luar biasa.

Baca Juga Artikel Lainnya :