Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

    Home/Pendidikan / Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)
Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Definisi manajemen sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia atau manajemen sumber daya manusia adalah proses dan upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi dan melakukan penilaian komprehensif terhadap sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Manajemen personalia adalah ilmu yang memungkinkan Anda mengatur hubungan dan peran tenaga kerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Manajemen sumber daya manusia adalah studi tentang bidang manajemen yang menyatukan teori psikologis, sosiologi dan lain-lain.

Aplikasi yang relevan termasuk pengembangan dan implementasi perencanaan, pelatihan karyawan, manajemen karir, pengembangan karyawan, evaluasi kinerja dan hubungan kerja. Secara umum, manajemen personalia mencakup kebijakan dan keputusan yang memengaruhi tenaga kerja.

Beberapa ahli di bidang manajemen menjelaskan definisi manajemen personalia, termasuk:

Menurut Anvar Prabu Mangkunegar

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah rencana untuk mengatur, mengimplementasikan, dan memantau pengadaan, pengembangan, remunerasi, integrasi, pemeliharaan, dan pembagian kerja untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Handoko

Manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan memilih, merekrut, mengembangkan, memelihara dan menggunakan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan individu dan organisasi.

Menurut Henry Simamore

Manajemen sumber daya manusia adalah penggunaan, pengembangan, evaluasi, remunerasi, dan manajemen anggota individu dari sekelompok karyawan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Mengacu pada definisi manajemen personalia, ini terkait erat dengan regulasi tenaga kerja perusahaan dan interaksinya di antara anggota. Pengenalan manajemen personalia yang baik di perusahaan atau bisnis memberikan manfaat berikut:

1. Penetapan Staf / Pekerjaan

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia, perencanaan yang baik akan ditetapkan mengenai pilihan tenaga kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Manajer harus menyaring tenaga kerja sesuai dengan pengalaman dan komposisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk menghindari kelebihan dan kekurangan tenaga kerja.

2. Evaluasi kinerja

Manajer akan bertanggung jawab untuk mengevaluasi tenaga kerja. Dengan adanya manajemen sumber daya manusia, ia dapat memberikan penilaian tentang efektivitas kerja anggota dan memastikan bahwa setiap tenaga kerja melakukan tugas pekerjaan.

3. Kompensasi

Manajemen sumber daya manusia juga terkait dengan mengoordinasikan pemberian kompensasi atau hadiah kepada karyawan. Manajer bertanggung jawab untuk mengembangkan struktur penggajian yang baik. Ini karena kompatibilitas pembayaran dan tunjangan yang diberikan oleh angkatan kerja.

4. Pelatihan dan pengembangan

Sebagaimana dijelaskan dalam definisi manajemen sumber daya manusia yang mengatur hubungan kerja, ini dirancang untuk memberikan pelatihan dan panduan yang baik untuk anggota perusahaan.

Manajer juga bertanggung jawab atas masalah pemecatan jika ada anggota yang tidak memenuhi kriteria kualitas yang diminta oleh perusahaan, atau jika ada kelebihan tenaga kerja.

Sumber : https://guruakuntansi.co.id/