Trik diet terbaik dengan pola makan sehat

    Home/Kesehatan / Trik diet terbaik dengan pola makan sehat
Trik diet terbaik dengan pola makan sehat

Trik diet terbaik dengan pola makan sehat

Posted in Kesehatan inno 0

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang takut menjadi gemuk, sehingga mereka selalu menghindari makan di malam hari? Ternyata belum tentu begitu. Jadi, apa faktanya?
Dari mana mitos “makan malam membuatmu gemuk” berasal?

“Makan di malam hari bisa membuat tubuh gemuk” adalah pernyataan yang sudah lama dibahas, tetapi sampai sekarang masih diperdebatkan. Penelitian yang dilakukan pada pekerja shift malam menunjukkan bahwa pekerja shift malam sering makan makanan pada malam hari dan menunjukkan peningkatan berat badan. Sebuah majalah juga mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa makan di malam hari berisiko meningkatkan kalori yang dikonsumsi.

Trik diet terbaik dengan pola makan sehat

Berbagai alasan yang menyebabkan orang makan di malam hari terlepas dari rasa lapar yang muncul di malam hari adalah karena mereka ingin memuaskan nafsu makan yang bisa berupa rasa lapar palsu, menghilangkan stres, atau karena bosan. Biasanya orang yang makan larut malam karena ingin memuaskan nafsu makan atau karena ingin menghilangkan stres cenderung memilih makanan ringan tetapi tinggi kalori. Mereka mengkonsumsinya dalam jumlah kecil, tetapi kalori yang terkandung dalam camilan ini sangat besar. Hal-hal semacam itu dapat menyebabkan obesitas.

Orang yang memiliki kebiasaan makan di malam hari dapat dianggap menderita sindrom konsumsi malam hari (SEN). SEN memiliki karakteristik makan banyak di malam hari, sering begadang atau susah tidur dan anoreksia yang terjadi di pagi hari. SEN sering dikaitkan dengan depresi dan stres yang meningkatkan nafsu makan. Ketika nafsu makan meningkat, apa yang dikonsumsi saat itu adalah makanan tinggi kalori dan kaya gula, dan ini dianggap sebagai penyebab obesitas.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan di malam hari sebenarnya baik, selama …

Beberapa penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi camilan rendah kalori pada malam hari sebenarnya mengurangi risiko kelebihan berat badan pada wanita. Penelitian yang dilakukan pada atlet juga menunjukkan bahwa konsumsi camilan berprotein tinggi pada 30 menit sebelum tidur dapat membantu dalam proses pengeluaran energi yang berguna untuk menjaga fungsi tubuh normal saat istirahat.

Dalam studi lain yang dilakukan oleh Groen dan rekan-rekannya, muncul bahwa konsumsi makanan ringan protein tinggi pada orang tua telah terbukti meningkatkan sintesis protein otot. Ini karena waktu yang baik dalam proses metabolisme dan sintesis protein adalah nokturnal. Karena itu, mengonsumsi makanan kaya protein sebelum tidur dapat memaksimalkan proses pencernaan protein dalam tubuh. Studi ini juga menunjukkan bahwa makan protein sebelum tidur dapat mencegah penuaan dan kehilangan massa otot pada orang tua.

Studi lain yang menunjukkan salah satu manfaat dari makan makanan ringan sebelum tidur dapat mengurangi asupan kalori dalam kelompok wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas. Kelompok wanita yang kelebihan berat badan menerima makanan ringan rendah lemak, rendah kalori, serat tinggi, seperti biji-bijian, setiap 90 menit setelah makan malam. Ini telah terbukti mengurangi nafsu makan kelompok keesokan paginya, sehingga mengurangi asupan kalori hariannya.

Figueroa dan rekannya juga melakukan penelitian pada kelompok tersebut, tetapi ingin melihat perubahan tekanan darah yang terjadi jika kelompok itu makan camilan di malam hari. Akibatnya, camilan yang mengandung protein ini disertai dengan olahraga teratur dapat mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko aterosklerosis pada kelompok wanita yang kelebihan berat badan.
Jadi, bisakah makan malam membuat tubuh gemuk?

Tubuh kita bekerja setiap saat, termasuk kalori yang terbakar. Memang benar bahwa selama tidur tubuh membakar kalori lebih sedikit daripada saat aktif, tetapi kualitas tidur adalah salah satu faktor penentu untuk menjaga berat badan. Dalam hal ini, yang sangat berperan dalam menentukan apakah berat badan Anda meningkat, menurun atau tetap adalah jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari, bukan waktu makan yang paling menentukan. Saat Anda makan malam dan makan makanan yang tinggi kalori dan lemak, ini bisa memengaruhi penambahan berat badan.

Anda bisa makan sekitar 10% dari kalori harian di malam hari, tetapi yang terbaik adalah melakukannya 3 jam sebelum tidur. Dan jika ini dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan olahraga teratur, ini akan menjaga stabilitas dan fungsi tubuh.

Faktanya, bukti ilmiah masih diperlukan untuk membuktikan dengan tepat pernyataan apa yang benar, apakah makan malam menggemukkan atau bahkan membantu memetabolisme nutrisi dalam tubuh. Penelitian yang menyatakan bahwa makan di malam hari dapat membuat lemak terlihat di pekerja shift malam

Baca juga :